Skip to main content

Resensi Buku Demokratisasi Politik


Demokratisasi Politik

Judul Buku      : Sumbangan Pikiran Universitas Gajah Mada DEMOKRATISASI POLITIK
Penulis             : Universitas Gajah Mada
Penerbit           : Universitas Gajah Mada bekerjasama dengan KADIN Kotamadya Yogyakarta
Tahun terbit     : September 1998
Tebal               : 47 halaman

Sinopsis
Ketika gerakan mahasiswa yang mencapai puncakya pada 20 Mei 1998 berhasil menghentika rejim Orde baru, masyarakat pada umumnya danmahasiswa khususnya mengharapkan bahwa langkah-langkah reformasi akan mengarah keproses demokratisasi kehidupan politik Indonesia. Selama tiga bulan  berikutnya, harapan tersebut perlahan-lahan kehilangan basisnya. Bahkan, kemungkinan kembalinya gaya berpolitik Orde Baru dan kekuatan-kekuatan nostalgik semakin nyata. Secara moral dan akademik, Universitass Gajah mada bertanggung jawab memasyarakatkan gagasan-gagasan segar dibidang demokratisasi kehidupan politik. Tujuannya adalah supaya demokratisasi dapat terus berjalan dan kemungkinan untuk kembali ke otoritrisme lama dapat dihindari. Sumbangan pikiran ini merupakan peranserta Universitas Gajah Mada dalam menegaskan kembali arah dan subtansi demokratisasi politik. Dalam rangka inilah Universitas Gajah Mada menghimpun potensi moral ddan akademik yang tersedia untuk menyiapkan sumbangan pikiran yang sekarang ada dihadapan kita.
Dibuku ini, menjelaskan tentang persoalan-persoalan di masa Orde Baru dan memaparkan implikasi persoalan-persoalan. Persoalan-persoalan yang diambil adalah persoalan mengenai demokratisasi politik, diantaranya Lembaga-lembaga Suprastruktur (terdiri dari MPR, DPR, kepresidenen, MA, BPK, DPA, militer, birokrasi, DPRD, pemerintahan daerah, dan pemerintahaan desa), Lembaga-lembaga Penyambung (terdiri dari partai politik, media massa, dan pemilu), dan Lembaga-lembaga Infrastruktur (terdiri dari organisasi massa, lembaga-lembaga ekonomi rakyat pedesaan dan perkotaan, perburuhan, lembaga desa, dan kewarganegaraan).
Kelebihan
            Buku ini mengajarkan kita untuk bisa berpikir lebih kritis, dan mencoba mencari solusi dari berbagai permasalahan. Selain itu, buku ini bisa menambah wawasan, sebab buku ini termasuk buku sejarah, yaitu sejarah Indoesia masa Orde Baru.
Kelemahan
            Buku ini tidak cocok untuk kalangan anak-anak, sebab mungkin anak-anak diusia kurang dari 10 tahun belum mengerti menegenai Orde Baru yang kala itu terjadi pada tahun 1966 sampai 1998. Isinya juga kurang menarik, hanya tulisan bernomor dan monoton.

Comments

Popular posts from this blog

KUNCI JAWABAN BAHASA INGGRIS KELAS XII SEMESTER II CHAPTER 6 – CAUSE AND EFFECT

       I.             Pre-Activity Discuss with your partner 1.       What do you think is happening in the above conversation? Answer: In my opinion, the above conversation talk about the impact or effect of smoking. 2.       Do you think smoking is dangerous? Answer: I think smoking is very dangerous, because smoking can make a person die. 3.       Do you think it should be banned? Answer: Yes. Because if we let people smoke, then the impact of smoking is not just on the people who do, but also the people who are nearby.     II.             Building Blocks -   III.             Let’s Practice A.      Read and following sentences. Decide if the words in bold are the sause or the effect. Write cause or effect on the line. Then, underline the “signal” word or phrase 1.       Early man used weapons because they needed to find food. = cause 2.       The glaciers began to melt; therefore , the and bridge between Asia and North America became flooded . = effec

CONTOH SOAL DAN JAWABAN PKN - PERAN INDONESIA DALAM PERAMAIAN DUNIA

A.     Pilihan Ganda 1.       Salah satu asas dalam hubungan internasional yang menyatakan bahwa suatu negara akan mempunyai kekuasaan secara penuh untuk memberlakukan hukum atas semua orang dan barang yang berada di wilayahnya disebut asas.... a.       Teritorial b.       Kebangsaan c.        Kemanusiaan d.       Kepentingan umum e.        Kepentingan bangsa 2.       Prinsip Indonesia dalam menjalin hubungan dan kerja sama dengan negara lain adalah.... a.        Menghormati perdamaian dunia b.       Mengakui negara-negara berkembang c.        Menghormati kerjasama antarbangsa d.       Memajukan negara-negara berkembang e.        Menghormati kedudukan dan keutuhan wilayah negara 3.       Hubungan internasional yang dilakukan oleh setiap negara bertujuan.... a.        Menjajah negara lain b.       Menguasai kejayaan negara lain c.        Memengaruhi suatu negara untuk memusuhi negara lain d.       Mengetahui kelemahan negara lain sehingga mudah ditak

Resensi Buku, Judul Ilmu Pendidikan Oleh Dwi Siswoyo dkk

Pendidikan Judul Buku      : Ilmu Pendidikan Penulis             : Dwi Siswoyo, dkk Penerbit           : UNY Press Tahun terbit     : 2013 Tebal                : 165 halaman Sinopsis Buku berjudul Ilmu Pendidikan ini memiliki isi yang dibagi perbab. Ada delapan bab yang dibahas dalam buku ini. Bab pertama membahas tentang dasar, fungsi tujuan dan asas pendidikan. Dasar pendidikan adalah landasan berpijak dan arah bagi pendidikan sebagai wahana pengembangan manusia dan masyarakat. Ada hubungan antara filsafat dengan pendidikan, yaitu bahwa filsafat memberikan dasar bagi filsafat pendidikan, filsafat pendidikan menjadi dasar teori pendidikan, teori pendidikan menjadi dasar bagi ajaran pendidikan, dan ajaran pendidikan menjadi dasar praktik pendidikan. Kajian terhadap landasan pendidikan akan membentuk wawasan yang tepat tentang pendidikan dan pada gilirannya akan memberikan peluang yang besar bagi perancang dan penyelenggaraan pendidikan sehingga memberikan prespektif